Jumat, 08 November 2013

Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan

Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan
Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan
Bernyanyi merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak disukai orang, tidak peduli apakah suaranya tersebut sumbang ataukah merdu, orang tetap senang bernyanyi. Bila anak Anda memiliki hobi bernyanyi dukunglah hobi tersebut, dengan memasukkan anak Anda ke sekolah musik untuk belajar vokal, sehingga ia bisa mengasah hobinya tersebut menjadi sesuatu yang membanggakan.

Belajar musik di sekolah musik bukan berarti anak kemudian dituntut untuk menjadi seorang penyanyi profesional, karena yang terpenting adalah manfaat yang bisa diambil dari kegiatan bernyanyi tersebut. Berikut ini adalah manfaat bernyanyi bagi kesehatan :

  1. Bernyanyi baik untuk jantung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Professor Graham Welch, ternyata bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru –paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang bisa meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan bisa meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular ( jantung ).
  2. Bernyanyi selain memberikan manfaat secara fisik namun juga memberikan manfaat secara psikis dan psikologis, karena perasaan seseorang akan terekspresikan , merasa lega dan lebih bersemangat.
  3. Bernyanyi dapat membersihkan sistem pernafasan dan sinus. Aktivitas aerobik dari bernyanyi memberikan manfaat positif bagi sistem pernafasan. Aliran udara yang meningkat pada saluran pernapasan bagian atas pada saat bernyanyi bisa meluruhkan lendir di saluran pernafasan sehingga saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sehat. Dari sisi ini, bernyanyi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi (menghilangkan) gangguan mendengkur.
  4. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan fungsi neurologis.
  5. Bernyanyi bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman yang juga sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa aktivitas menyanyi bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.

Melihat dari banyaknya manfaat benyanyi bagi kesehatan, maka mengarahkan anak untuk mengikuti kursus musik merupakan suatu hal yang positif dan penting untuk dilakukan karena di sana anak akan dilatih untuk bernyanyi dengan cara yang baik dan benar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar