Kamis, 21 November 2013

Perbedaan Alat Musik Biola Dan Viola

Jika dilihat sepintas alat musik biola atau disebut juga dengan violin tidak memiliki perbedaan dengan viola, bahkan seringkali orang salah sangka mengenai kedua alat musik tersebut. Kesalahan yang paling sering terjadi contohnya adalah orang seringkali menyebut alat musik viola dengan biola, atau sebaliknya.

Nah, pengetahuan ini penting sekali terutama untuk Anda yang ingin belajar alat musik di sekolah musik, jangan sampai tertukar –tukar atau salah mengambil kursus karena salah interpretasi mengenai alat musik yang dimaksud. Kedua alat musik tersebut memang terlihat mirip , akan tetapi memiliki perbedaan, istilah populernya adalah serupa tapi tidak sama.

Viola sering disebut juga dengan biola alto yang berarti biola yang memiliki suara yang berat / rendah . Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah perbedaan antara biola dan viola :

• Dari Segi Ukuran, biola ( violin ) memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan viola ( biola alto ).

• Senar pada biola dan viola sama – sama terdiri atas empat senar, akan tetapi  alat musik biola memiliki nada yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nada senar pada viola. Nada senar pada biola dimulai dari yang terendah yaitu G, D, A, dan yang tertinggi E, sedangkan Viola mulai dari nada yang terendah yaitu C, G, D dan A. Itulah mengapa viola memiliki suara yang lebih berat jika dibandingkan dengan biola.

• Pada permainan biola, pemain akan bermain di kunci G atau treble clef. Treble Clef sangat umum dipakai untuk memainkan banyak alat musik lain, contohnya : flute, saxophone, clarinet dll. Bahkan di alat musik piano pun ada. Kunci G ini sangat populer dalam permainan alat musik. Sedangkan alat musik viola tidak mempergunakan treble clef, viola mempergunakan Alto clef atau biasa disebut juga dengan kunci C.

1 komentar :