Minggu, 20 Oktober 2013

Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula

Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula - Keyboard merupakan alat musik yang dimainkan seperti piano, dimana terdiri dari tuts- tuts nada yang dimainkan dengan cara ditekan. Jika dibandingkan dengan piano, Keyboard memiliki lebih banyak ragam suara, seperti suara terompet, seruling, gitar, biola, bahkan sampai perkusi. Dengan keyboard, kita bisa menyajikan hiburan musik layaknya sebuah band lengkap.

Jika Anda berminat untuk belajar Musik keyboard entah itu hanya untuk sekedar hobby saja atau memang benar- benar ingin menjadi pemain profesional, sebaiknya anda pertimbangkan untuk mengikuti kursus musik, karena dengan mengikuti kursus musik di sekolah – sekolah musik Anda akan memperoleh berbagai pengetahuan baik itu secara teori maupun praktek memainkan alat musik keyboard secara benar, karena memperoleh bimbingan dari instruktur yang terlatih.

Pada umumnya terdapat 6 ( enam ) tahapan belajar musik keyboard, dan semua tahapan ini saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya:

Tahap Pertama adalah belajar mengenal kunci nada dari nada yang mayor sampai dengan nada yang minor, contoh : kunci nada C , Dm , Em , F , G , Am , dst…keterangan : apabila tertulis C disebut sebagai kunci nada C mayor , kalau tertulis Cm disebut C minor.

Tahap kedua adalah belajar mengenal bagaimana cara pengoperasikan Keyboard dan mengenal berbagai jenis musik dan suara yang terdapat di Keyboard tersebut, ini bisa dilihat dari buku katalog atau buku panduan dari Keyboard tersebut.

Tahap ketiga belajar cara meletakan jari tangan kiri dan kanan didalam membunyikan kunci nada dari sebuah lagu yang akan dipelajari, pada setiap kunci nada rata- rata membutuhkan tiga jari tangan untuk menekannya , namun terkadang juga membutuhkan lebih dari tiga jari, hal tersebut tergantung dari jenis nama kunci nada tersebut . Misalnya kunci nada CM7 ( C mayor tujuh ) ini tidak bisa ditekan dengan tiga jari , tapi kunci ini memerlukan empat jari untuk membunyikannya.

Tahap belajar keyboard ke empat adalah berlatih agar jari – jari tangan lebih relax / tidak kaku dengan cara latihan memindahkan dari satu kunci nada ( chord ) ke kunci nada yang lainnya secara rutin minimum dalam sehari yaitu 30 menit, sebagai contoh : dari kunci nada C pindah ke nada Dm -> Em -> F -> G -> Am -> kembali ke nada C dsb

Tahap belajar Keyboard ke lima adalah cari lagu yang sudah Anda hafal , kemudian putar di CD untuk didengarkan jenis musiknya, apabila sudah mendengarkan dan memahami jenis musik yang didengar dari CD tadi barulah dicari jenis musiknya yang hampir sama atau mendekati , cara mencari kesamaannya lihat ketukan pada alat musik drumnya .

Tidak ada komentar :

Posting Komentar