Rabu, 23 Oktober 2013

Bermain Alat Musik Sejak Dini Cegah Tuli Akibat Penuaan

Kursus Musik - Manfaat Bermain Alat Musik Untuk Kesehatan telah banyak diungkapkan oleh para ilmuwan. Selain dapat menunda kepikunan dan memperbaiki saraf motorik pada para pengidap penyakit parkinson , ternyata musik juga bisa mencegah timbulnya permasalahan pendengaran yang sering menimpa pada orang yang berusia lanjut.

Semakin dini mempelajari dan mulai memainkan alat musik, maka akan semakin besar manfaatnya bagi telinga dan sistem pendengaran. Mempelajari alat musik bisa dilakukan dengan mengikuti kursus musik di sekolah – SEKOLAH MUSIK. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Baycrest’s Rotman Research Institute pada tahun 2011, yang dipimpin oleh Benjamin Rich Zendel, menunjukkan bahwa seseorang yang mulai belajar musik sejak usia 16 tahun bisa menunda ketulian akibat proses penuaan hingga dua puluh ( 20 ) tahun.

"Kami menemukan bahwa menjadi musisi sejak dini bisa menjaga kemampuan auditory (pendengaran) dari kerusakan yang berhubungan dengan proses penuaan," ungkap Benjamin Rich Zendel.

Penelitian tersebut melibatkan 74 orang musisi dan 89 orang yang awam mengenai alat musik. Partisipan yang masuk dalam kategori musisi memiliki kriteria belajar memainkan alat musiksejak berusia 16 tahun dan masih tekun memainkan alat musik pada saat penelitian berlangsung.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, partisipan dari kelompok musisi masih mempunyai kemampuan mendengarkan pembicaraan dengan cermat pada usia 70 tahun. Kemampuannya tersebut setara dengan kelompok partisipan yang awam tentang musik pada usia 50 tahun, sehingga bisa disimpulkan bahwa musik bisa memunda tuli hingga 20 tahun.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa terkadang bermain musik justru bisa memicu timbulnya gangguan pendengaran. Di kalangan para pemain musik, suara yang terlalu keras dan berlangsung secara terus menerus memang bisa menjadi pemicu terbesar gangguan terhadap pendengaran terutama telinga berdenging. Karena itu, apabila Anda ingin memperoleh manfaat dari bermain musik, pastikan bahwa suaranya tidak terlalu keras dan berikan cukup waktu bagi telinga Anda untuk beristirahat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar