Senin, 28 Oktober 2013

Teknik Dasar Belajar Musik Piano

Kursus Musik - Belajar musik piano bisa dilakukan secara mandiri maupun dengan mengikuti kursus musik di sekolah musik. Tentunya ada banyak hal positif yang bisa anda peroleh jika belajar musik di sekolah musik, selain akan dilatih dengan pengajar yang telah ahli dan berpengalaman Anda juga akan lebih cepat menguasai teknik bermain piano secara baik dan benar.

Teknik Dasar Belajar Musik Piano
Teknik Dasar Belajar Musik Piano
Untuk bisa menjadi seorang pemain piano ( pianis ) yang profesional, seorang pemula membutuhkan teknik dasar latihan yang benar. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar belajar musik piano yang biasanya dilakukan oleh para pemula atau para siswa musik : Praktek gerakan tangan yang berbeda. Sebagai upaya untuk menguasai koordinasi dibutuhkan latihan piano dengan menggunakan gerakan yang berbeda pada masing- masing tangan.

Fingering yang baik. Hal ini penting untuk keberhasilan Anda, latih fingering yang menurut Anda paling nyaman sehingga bisa digunakan setiap saat. Cobalah untuk fingering yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk Anda. Jika Anda saat ini tengah belajar Alat Musik piano , maka instruktur anda seharusnya bisa membantu Anda. Fingering yang baik akan menjadi modal dasar Anda dalam menguasai gerakan – gerakan yang sulit.

Gerakan perlahan namun akurat. Masalah umum yang sering terjadi pada para pemula adalah kecenderungan untuk bermain cepat, akan tetapi kurang akurat. Harus diingat bahwa Anda harus menetapkan akurasi nada, irama dan jari sebelum menambah kecepatan tangan. Anda bisa mempertahankan kecepatan yang tepat jika Anda sudah menguasai gerakan tangan secara akurat.

Luangkan waktu untuk irama dan menghitung ketukan. Menghitung ketukan sangat penting, selain untuk menetapkan pola irama juga bisa membantu untuk menjaga tempo . dengan menghitung ketukan Anda bisa mempercepat atau memperlambat tempo musik secara fleksibel. Kuasai permainan secara bertahap. Setelah menguasai gerakan tangan, latihan selanjutnya adalah menginjak pedal, pda kebanyakan situasi menginjak pedal mengikuti gerakan tangan kiri. Pada saat Anda mulai menempatkan kedua tangan Anda secara bersamaan , ingatlah bahwa Anda perlu melakukan hal tersebut secara perlahan untuk akurasi. Setelah itu baru bisa dimulai gerakan eksplorasi ketingkat lanjut.

Setelah Anda mampu menguasai teknik dasar belajar piano, cara terbaik untuk menjadi pianis yang handal adalah terus menerus berlatih mengasah ketrampilan Anda dengan secara rutin dan berkesinambungan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar